a) Sejauh ini, apa yang sudah Anda pahami tentang topik ini?
Saya telah memahami bahwa isu-isu penerapan scaffolding dalam Zone of Proximal Development (ZPD) di dunia pendidikan sekolah adalah hal yang kompleks. Berdasarkan pembelajaran pada topik ini, saya menyadari bahwa penerapan scaffolding tidaklah sederhana karena dipengaruhi oleh berbagai faktor, seperti dukungan sosial-emosional, interaksi sosial yang positif, dan penyesuaian strategi dengan kondisi masing-masing siswa. Tantangan utama dalam praktik ini adalah memastikan strategi yang digunakan fleksibel dan responsif terhadap kebutuhan individu, terutama dalam menghadapi hambatan psikologis dan sosial. Selain itu, saya juga belajar mengenai pentingnya refleksi dan evaluasi pada setiap tahapan pembelajaran untuk meningkatkan efektivitas penerapan scaffolding.
b) Apa hal baru yang Anda pahami atau yang berubah dari pemahaman di awal sebelum pembelajaran dimulai?
Hal baru yang saya pelajari adalah bahwa penerapan scaffolding melibatkan lebih banyak aspek dibandingkan pemahaman awal saya. Sebelumnya, saya berpikir bahwa penerapan scaffolding hanya membutuhkan asesmen awal terhadap kemampuan dan latar belakang peserta didik. Namun, setelah mempelajari materi ini, saya memahami bahwa penerapan scaffolding juga harus mempertimbangkan berbagai faktor lain, seperti dukungan sosial-emosional, interaksi sosial yang positif, dan konteks siswa, yang semuanya berkontribusi terhadap efektivitas strategi ini.
c) Apa yang ingin Anda pelajari lebih lanjut?
Saya ingin mendalami bagaimana cara menerapkan tiga kerangka panduan strategi scaffolding secara efektif dalam pembelajaran. Dengan pemahaman yang lebih mendalam, saya berharap dapat menghindari berbagai permasalahan yang sering muncul dalam implementasi scaffolding dan memastikan strategi tersebut dapat berjalan dengan optimal.
No comments:
Post a Comment