Pages

Tuesday, December 17, 2024

TOPIK 5 EKSPLORASI KONSEP

Apa yang Anda pelajari dari konsep yang Anda pelajari dalam topik ini? 

Scaffolding dalam ZPD
Scaffolding adalah proses interaksi antara orang dewasa (guru atau orang tua) dan anak atau teman sebaya yang bertujuan untuk membantu anak dalam mencapai perkembangan kognitif, psikologis, dan kemandirian. Interaksi ini melibatkan imitasi yang berkembang menjadi tindakan mandiri melalui dorongan untuk berpikir kritis, mengajukan pertanyaan, dan mengembangkan sudut pandang sendiri.

Konsep Utama Scaffolding

  1. Bantuan Temporer dan Spesifik: Memberikan dukungan sementara untuk membantu anak mengatasi kesulitan tertentu.
  2. Proses Pembelajaran Resiprokal: Terjadi dialog yang mendorong refleksi dan evaluasi.
  3. Kolaborasi Teman Sebaya: Mengakomodasi perbedaan pandangan untuk mencapai koordinasi dan kesepakatan.

Fungsi Scaffolding (Margolis, 2023):

  • Recruitment: Meningkatkan rasa ingin tahu anak.
  • Reduction in Degrees of Freedom: Mengurangi tingkat kesulitan agar sesuai kemampuan anak.
  • Maintenance the Direction: Menjaga fokus tujuan pembelajaran.
  • Marking Critical Features: Memberikan evaluasi dan refleksi atas capaian.
  • Control on the Child’s Level of Frustration: Mengelola tingkat kesulitan agar motivasi tetap terjaga.
  • Modeling: Menunjukkan penyelesaian masalah secara umum untuk ditiru anak.

Strategi Scaffolding
Menurut Van de Pol, strategi scaffolding melibatkan pemberian saran, petunjuk, instruksi, penjelasan, model/contoh, dan pertanyaan pemantik. Strategi ini dapat disesuaikan dengan tujuan pengembangan metakognitif, kognitif, dan motivasi anak.

Proses Asistensi
Gallimore dan Tharp menjelaskan empat tahap asistensi dalam scaffolding, dimulai dari bantuan intensif oleh guru atau orang tua, transisi tanggung jawab kepada anak, internalisasi konsep, hingga pencapaian kemandirian anak dalam ZPD.

Scaffolding dalam pendidikan membantu anak untuk memahami hubungan antara pengetahuan sebelumnya dengan konsep baru, dengan tujuan mengembangkan kemampuan berpikir kritis, mandiri, dan kolaboratif.

No comments:

Post a Comment

 

Blogger news

Blogroll

About Me

Nina Hardiana (PGSD 2)