Pages

Thursday, November 21, 2024

TOPIK 3 AKSI NYATA

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjJUpiMNHZroUJbXOzZCLXnP1_UIuPCokCPGmLbUvdu_9t9oj2Ntu-RGnIMZfp8NbgBMlM0V1z39yBQGrhYzoz_GDkClp--12lOeBN5x4dmhrb8y0p26Aq4IITFUPTB_bQEFY6gLJa3hYMio-x3enexRuTsPadJWewn4Eru8Rod4pZhL-ouLWPBDwgc/s770/Untitled.jpg

1.       Apa manfaat pembelajaran ini untuk kesiapan Anda sebagai guru?

Manfaat Pembelajaran untuk Kesiapan Sebagai Guru

a.     Kesadaran Sosial dan Inklusivitas
Memahami faktor sosial, budaya, ekonomi, dan politik dalam pendidikan membantu saya menjadi lebih peka terhadap ketimpangan dan kebutuhan siswa dari berbagai latar belakang. Hal ini penting untuk memastikan setiap siswa merasa dihargai dan memiliki akses yang sama.

b.     Penerapan Perspektif Pendidikan Kritis
Dengan pemahaman ini, saya dapat menerapkan strategi pembelajaran yang adil dan kritis terhadap ketimpangan. Misalnya, memastikan semua siswa mendapatkan perhatian yang setara dan mendesain pembelajaran yang relevan dengan latar belakang mereka.

c.     Kemampuan Beradaptasi dengan Konteks Lokal
Saya dapat menyesuaikan kurikulum dengan kearifan lokal dan memastikan bahwa budaya minoritas diakomodasi dalam proses pembelajaran.

d.     Peran Sebagai Agen Perubahan
Pembelajaran ini mendorong saya untuk tidak hanya mengajar tetapi juga menjadi bagian dari solusi, seperti mengadvokasi kebijakan yang mendukung pemerataan pendidikan.

2.     Bagaimana Anda menilai kesiapan Anda saat ini, dalam skala 1-10? Apa alasannya? Penilaian Kesiapan Saat Ini (Skala 1–10) à 7/10
Alasan:

a.      Saya merasa memiliki dasar pemahaman yang cukup baik tentang isu ketidakadilan pendidikan dan pentingnya pendekatan kritis.

b.      Namun, saya masih perlu meningkatkan kemampuan praktis dalam menerapkan strategi inklusif di kelas yang beragam, seperti membuat modul pembelajaran berdiferensiasi dan melibatkan budaya lokal secara nyata.

3.     Apa yang perlu Anda persiapkan lebih lanjut untuk bisa menerapkannya dengan optimal?

a.     Pengembangan Kompetensi Praktis

1.     Belajar membuat materi pembelajaran yang lebih adaptif dan relevan dengan kebutuhan siswa dari berbagai latar belakang.

2.     Mengintegrasikan kearifan lokal ke dalam proses pembelajaran.

b.     Pemahaman Kebijakan Pendidikan : Mempelajari lebih dalam kebijakan pemerintah terkait pemerataan pendidikan untuk mengadvokasi perubahan yang adil.

c.     Pelatihan untuk Pendidikan Inklusif : Mengikuti pelatihan terkait strategi pembelajaran untuk siswa dengan kebutuhan khusus, termasuk anak-anak dengan disabilitas dan dari kelompok minoritas.

d.     Peningkatan Kemampuan Diskusi dan Advokasi

a.     Meningkatkan keterampilan dalam menyampaikan kritik konstruktif terhadap ketimpangan pendidikan dan berdialog dengan pemangku kepentingan.

Langkah-Langkah ke Depan

  1. Kolaborasi dengan Guru Lain
    Mengamati dan berdiskusi dengan guru-guru berpengalaman yang sudah menerapkan prinsip-prinsip pendidikan inklusif.
  2. Mengembangkan Inisiatif Lokal
    Membuat proyek sederhana yang mendukung siswa dari latar belakang kurang beruntung, misalnya program belajar tambahan gratis atau komunitas belajar berbasis budaya.
  3. Refleksi Berkelanjutan
    Secara rutin mengevaluasi praktik pembelajaran untuk memastikan inklusivitas dan relevansinya.

 

No comments:

Post a Comment

 

Blogger news

Blogroll

About Me

Nina Hardiana (PGSD 2)